5 Penghargaan dan Keunikan Jakarta


Penulis: Adi Selamet
Terbit: 25 Juni 2015

Sumber Gambar : Didaktikaunj.com


Gantengue - Jakarta adalah kota yang berstatus sebagai provinsi, kota terbesar, kota metropolitan dan ibukota Indonesia.

Kota ini berbatasan dengan Banten di barat, Jawa Barat di selatan dan timur juga Laut Utara Jawa di utara.

Sejak ratusan tahun lalu, Jakarta sudah menarik banyak orang yang berbeda agama, bahasa, suku dan bangsa karena Jakarta sebagai pusat industri di negara yang berada di antara Samudera Hindia dan Samudera Pasifik juga Benua Asia dan Australia.

Lalu bagaimana penghargaan dan keunikan Jakarta dibanding kota-kota lain ???

1. Ibukota Indonesia

Kota utama atau kota induk di sebuah negara atau daerah menjadi pusat pemerintahan disebut ibukota.

Awalnya, Jakarta atau bernama Batavia menjadi pusat pemerintahan penjajahan oleh Belanda dan Jepang mengubah namanya menjadi Djakarta merujuk nama "Jayakarta" yang berarti "Kota Kemenangan" menurut Aksara Dewanagari yang diberikan Umat Islam dari Kesultanan Demak (1475-1548), Kesultanan Cirebon (1552-1677), dan Kesultanan Banten (1527-1813) setelah berhasil mengusir Portugal pada 22 Juni 1527 daripada Pulau Jawa dijajah oleh Portugal.

Jakarta, Jogjakarta, dan Bukit Tinggi di Sumatera pernah menjadi ibukota Indonesia pada 1945-1950 karena Belanda dibantu oleh Sekutu ingin menjajah lagi.

Meski sudah dianggap tidak layak sebagai ibukota oleh banyak orang, Indonesia belum memutuskan apakah ibukota pindah atau tetap ??

2. Kota Termacet ke-2 Setelah Istanbul

Jumlah penduduk yang banyak, jutaan kendaraan ditambah sistem transportasi yang kurang baik menjadikannya sebagai kota termacet versi Castrol Index.

Surabaya, ibukota Jawa Timur juga menjadi kota termacet ke-4 di dunia. Ya, hanya 2 kota termacet paling parah di Indonesia.

Menurut Dinas Perhubungan DKI Jakarta, ada 100 titik yang selalu macet tiap hari sehingga harga barang dan jasa lebih mahal di Jakarta dibanding harga di seluruh daerah di Indonesia.

3. Kota Metropolitan Terbesar ke-3 di dunia

Kota Metropolitan adalah kota terbesar yang menjadi pusat pemerintahan, hiburan, bisnis, industri dan ekonomi suatu negara. Tokyo di Jepang dan Seoul di Korea Selatan menjadi kota metropolitan terbesar di dunia dan ke-2 mengalahkan kegagahan New York, AS.

Pada 2008, Jakarta menjadi kota global menurut penelitian Globalisation and World Cities Study Group and Network (GaWC). 

4. Kota Urban

Kota Urban adalah kota yang dihuni oleh kebanyakan pendatang dibanding jumlah penduduk asli kota itu.

Menurut Sensus 2000, ada 8,3 juta orang yang menghuni Jakarta terdiri dari etnis Jawa (35,16%), Betawi (24,65%), Sunda (15,27%), Tionghoa (5,53%), Batak (3,61%), Minangkabau (3,18%), Melayu (1,62%), Bugis (0,59%), Madura (0,52%), dan lainnya.

Orang-orang Tionghoa datang ke Jakarta pada abad ke-17 yang tinggal di pemukiman yang disebut Pecinan seperti Glodok, Pinangsia, Jatinegara, Kelapa Gading, Pluit dan Sunter. Menurut data BPS pada 2011, ada 10,187,595 orang yang menghuni Jakarta dengan memeluk agama Islam (84,4%), Protestan (6,2%), Katolik (5,7%), Hindu (1,2%) dan Budha (3,5%).

Jumlah ini meningkat 3 juta orang lebih dibanding tahun 2000 atau 11 tahun lalu. Setiap 1 minggu sebelum dan 1 minggu sesudah Hari Raya Idhul Fitri, Jakarta tiba-tiba sepi tanpa macet seolah tak berpenghuni karena mayoritas penduduknya dari luar Jakarta yang sedang mudik.

Sekarang jumlah orang di Jakarta berapa ?

5. Kota Satelit

Daerah penunjang bagi kota-kota besar dan merupakan "jembatan" masuk ke kota-kota besar itu disebut Kota Satelit.

Anda pernah dengar JABODETABEK? Ya itulah sebutan Kota Satelit Jakarta merujuk pada nama Jakarta sebagai pusatnya ditunjang oleh Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi.

Kota-kota inilah yang sering "mengirim" banyak pengendara ke Jakarta sehingga Jakarta sering macet.

Ini juga terjadi karena orang-orang dari kota-kota itu bekerja di Jakarta. Karena punya Kota Satelit, Jakarta hanya dapat saingi oleh Tokyo, Jepang dilihat dari luas total wilayahnya meski penduduk Tokyo mendekati penduduk total Jawa Barat, 45 juta orang lebih menjadikan Tokyo sebagai kota terpadat di dunia dan Jakarta di Asia Tenggara.

Referensi:

✍️ http://id.wikipedia.org/wiki/Daerah_Khusus_Ibukota_Jakarta

✍️http://dw.com/id/10-kota-termacet-di-dunia

✍️ http://rediff.com/business/.../slide-show-1-worlds-15-biggest-metropolitan-areas/2010458.htm../slide-show-1-worlds-15-biggest-metropolitan-areas/2010458.htm

Baca juga:

👉 Lima Persiapan Sebelum Merantau

👉 5 Profesi Unik di Indonesia

👉 10 Fakta Suriah yang Ditutupi oleh Wahabi

👉 7 Cara Mudah Mencegah Penyebaran Covid-19

👉 5 Fitur Keren Opera Mini Terbaru

👉 10 Spesies Ular Raksasa di Dunia

👉 Keren! Toko Online Ini Punya Banyak Keunikan

👉 4 Ciri Pacar Anda Selingkuh

👉 10 Keunikan Hubungan Indonesia dan Jepang

👉 Kehancuran Baghdad di Tangan Mongol
Adi Selamet Seorang pendiam yang suka membaca dan menulis secara diam-diam

Belum ada Komentar untuk "5 Penghargaan dan Keunikan Jakarta"

Posting Komentar

Berkomentarlah yang sopan dan sesuai artikel yang Anda baca. Pengelola Gantengue tidak bertanggungjawab atas komentar Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel