14 Fakta Tentang Karbon

Penulis: Adi Selamet
Terbit: 5 Desember 2016


Sumber gambar: Wikipedia English
Keterangan: Karbon

          Gantengue - Bagi para pelajar, istilah karbon tidak asing karena hampir tiap minggu para pelajar mempelajari kimia yang berkaitan dengan karbon.

Masyarakat umum mengenal karbon sebagai arang. Ya, karbon telah dikenal oleh manusia selama ribuan tahun silam.

Dan karbon pula yang dapat mempengaruhi kehidupan manusia di bumi karena karbon sebagai salah satu bahan yang diperlukan oleh manusia untuk menunjang kehidupannya. Inilah 14 fakta tentang karbon :

1. Unsur kimia yang mempunyai simbol C dan nomor atomnya adalah 6 dan unsur golongan 14 pada tabel periodik

2. Unsur non logam dan bervalensi 4 (tetravalen) yang berarti bahwa terdapat 4 elektron yang dapat digunakan untuk membentuk ikatan kovalen

3. Secara alami, ada 3 macam isotop karbon yang ditemukan yaitu 12C dan 13C yang stabil, dan 14C yang bersifat radioaktif dengan paruh peluruhannya sekitar 5730 tahun

4. Istilah karbon berasal dari Bahasa Latin yaitu Carbo yang berarti batu bara

5. Grafit, intan dan karbon amorf adalah jenis alotrop karbon yang terkenal. Intan mempunyai sifat-sifat seperti berwarna transparan, salah satu materi terkeras di dunia, konduktivitas listrik yang sangat rendah, memiliki konduktivitas termal tertinggi pada saat kondisi normal. 

Sedangkan grafit mempunyai sifat-sifat seperti hitam dan kusam, cukup lunak untuk meninggalkan bekasnya pada kertas, konduktor listrik yang sangat baik dan alotrop yang paling stabil secara termodinamik di antara alotrop lainnya.

6. Semua alotrop karbon sangat stabil dan memerlukan suhu yang sangat tinggi untuk bereaksi dan bahkan dengan oksigen

7. Sumber karbon anorganik terbesar terdapat pada batu kapur, dolomit, dan karbon dioksida (CO2). Sedangkan sumber karbon organik terdapat pada batu bara, tanah gambut, minyak bumi dan klatrat metana

8. Hampir 10 juta senyawa organik murni karbon telah diketahui hingga sekarang

9. Unsur paling melimpah ke-15 di kerak bumi dan ke-4 di alam semesta dan juga ke-2 terbanyak setelah oksigen atau sekitar 18.5% 

10. Karbon tak bereaksi dengan asam sulfat, asam klorida, klorin maupun basa lainnya

11. Pada temperatur yang tinggi, karbon dapat bereaksi dengan O2 (oksigen) menghasilkan oksida karbon oksida dalam suatu reaksi yang mereduksi oksida logam menjadi logam.

Reaksi ini bersifat eksotermik dan digunakan dalam industri besi dan baja untuk mengontrol kandungan karbon dalam baja. Ini reaksinya : Fe3O4 + 4C (s) --> 3 Fe (s) + 4CO (g)

12. Isotrop karbon adalah inti atom yang memiliki 6 proton ditambah beberapa neutron (bervariasi mulai dari 2 hingga 16)
13.

Karbon mempunyai 2 isotrop stabil secara alami seperti isotop karbon-12 (C-12) membentuk 98.93% karbon yang ada di bumi dan karbon-13 (C13) membentuk karbon sisanya atau sekitar 1.07%

14. Manfaat karbon bagi pertanian adalah sebagai bahan organik untuk membantu proses fotosintesis

Sekian yang dapat saya tulis. Semoga bermanfaat dan maaf bila salah...
Adi Selamet Seorang pendiam yang suka membaca dan menulis secara diam-diam

Belum ada Komentar untuk "14 Fakta Tentang Karbon"

Posting Komentar

Berkomentarlah yang sopan dan sesuai artikel yang Anda baca. Pengelola Gantengue tidak bertanggungjawab atas komentar Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel