BERITA, ENTERTAINMENT, ISLAM, PENGALAMAN, TAHUKAH ANDA ?, TIPS, dan UNIK

Nulis dibayar ? Mau ?

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis

Rabu, 28 Februari 2018

10 Negara dengan Militer Terkuat di Dunia

Penulis : Adi Selamet

Terbit : 28 Februari 2018

 Sumber gambar : cnnindonesia.com
Keterangan : Korps Kopassus dikirim untuk melindungi KBRI di Afghanistan dari serangan teroris ISIS dan Alqaeda yang menganut Wahabisme

Selalu ingin merasa lebih baik, lebih kuat, lebih makmur, dan lebih hebat merupakan keinginan semua orang, begitu pun negara. Tidak cuma ekonomi, negara mana pun juga memperkuat militernya untuk melindungi diri dari segala kemungkinan yang mengancam kedaulatannya.

Jika di zaman dulu, negara yang berbentuk kerajaan atau kekaisaran memperkuat militer untuk memperluas wilayah dan mengalahkan musuh, maka di zaman sekarang beda. Ada kebanggaan tersendiri bila suatu negara dihormati dan disegani oleh negara-negara lain khususnya negara yang menjadi pesaing terberatnya. 

Misalnya, kita patut berbangga hati karena di bawah kepemimpinan Presiden Sukarno, Indonesia sangat dihormati, disegani bahkan ditakuti oleh negara-negara raksasa seperti AS, Uni Soviet (1922-1917), dan Inggris.

Berikut ini ada 10 negara terkuat menurut data dari situs Global Fire Power.

1. AS

Negara pertama yang menggunakan bom atom untuk menghancurkan dua kota maju di Jepang ini tidak perlu kita ragukan lagi. Dengan kemajuan teknologi dan kekuatan militernya, AS memang pantas disebut negara paling gila di dunia.

 Sumber gambar : washingtontimes.com
Keterangan : Tentara AS

Bayangkan saja guys, Paman Sam memiliki hampir 800 pangkalan militer tersebar di hampir 70 negara dunia. Arab Saudi, Irak, Afghanistan, Pakistan, Israel, Turki, dan Spanyol merupakan negara-negara terkenal yang berlindung di balik kekuatan AS.

Negara-negara Arab yang dianggap paling taat menjalankan ajaran Islam saja malah berlindung pada AS loh. Mereka adalah Arab Saudi, Qatar, Uni Emirat Arab, dan Kuwait malah memiliki sejumlah pangkalan militer si negara raksasa itu.

Kalau tidak diserang terus menerus oleh kelompok-kelompok teroris Wahabi seperti Alqaeda dan Taliban juga ISIS, mustahil bagi Irak, Afghanistan, dan Pakistan meminta bantuan AS yang juga menernak kaum teroris Wahabi.

2. Rusia

Meski pendiam dibanding pesaingnya yaitu AS, Rusia tidak boleh kita remehkan guys. Negara yang pernah menjadi pusat Kekaisaran Rusia (1721-1917), dan Uni Soviet menjadi negara lintas benua terkuat di bumi.

 Sumber gambar : rt.com
Keterangan : Tentara Rusia sedang berlatih untuk melawan teroris

Rusia pernah mengancam Uni Eropa akan menghancurkan Eropa jika mereka ikut campur dalam konflik Ukraina dan Rusia. Si Beruang Merah juga pernah mengancam Turki dan Arab Saudi bila terus mendukung dan membiayai para pemberontak di Suriah yang dilanda konflik berdarah.

Dengan ancaman itu, nyali mereka ciut seketika. Bagaimana dengan AS? Si negara penghasil Microsoft ini juga enggan berduel melawan Rusia kecuali jika terpaksa.

Dengan kehadiran Rusia dan Iran, Suriah merasa sedikit percaya diri menghadapi kelompok-kelompok teroris Wahabi yang didukung oleh AS, Qatar, Turki, Arab Saudi, dan Israel.

3. Cina

Negara tirai bambu ini menjadi negara dengan ekonomi dan militer terkuat di Asia. Dengan penduduknya sangat banyak dan orang-orang Tionghoa ada di mana saja, Cina berambisi untuk lebih kuat melebihi era Dinasti Qing.

Ya pada akhir abad ke-19, Cina dipermalukan dan diserang oleh tujuh negara Eropa seperti Kekaisaran Jerman (1872-1918), Perancis, Inggris, dan Kekaisaran Austria-Hongaria (1867-1918) dalam Pemberontakan Boxer karena dinasti Qing menolak tunduk pada mereka. Cina juga pernah diserang dan diduduki oleh tetangganya, Jepang.

 Sumber gambar : scmp.com
Keterangan : Tentara Cina mengibarkan bendera komunis

Dengan kejadian pahit ini, mungkin wajar jika negara komunis terbesar dunia ini berambisi menggantikan AS sebagai "penguasa" dunia. Malah pada 2020, Cina dianggap siap menggeser kedudukan Paman Sam.

4. India

Seperti Cina, India juga terkenal dengan jumlah penduduknya yang sangat banyak. Awalnya, India sengaja memperkuat militernya untuk menghadapi Pakistan memperebutkan wilayah subur Kashmir.

Sumber gambar : indianexpress.com
Keterangan : Tentara India sedang berlatih

Memang, India dan Pakistan merupakan bekas wilayah Kekaisaran Mughal (1526-1857) yang dijajah oleh Inggris. Mereka juga pernah saling memerangi karena dihasut oleh negara-negara tamak global.

Uni Soviet mengaku dukung Pakistan sedangkan India didukung oleh Inggris. Namun ketika Perang India-Pakistan pecah, mereka tidak mau ikut campur.

Dengan kekuatan militer dan ekonominya, India berhasil lebih hebat dibanding dengan negara yang pernah menjajahnya. Seperti Indonesia, korupsi dan kepadatan penduduk merupakan tantangan klasik bagi negara terluas di Asia Selatan ini.

5. Perancis

Pada abad ke-19, Perancis boleh saja bangga dan sombong karena memiliki wilayah jajahan terluas di dunia setelah Inggris. Tapi negara menara Eiffel ini pernah dipermalukan dan diduduki oleh Jerman selama Perang Dunia II (1939-1945).

Belajar dari kekalahan Perang Napoleon (1804-1815), Perang Perancis-Prusia (1871-1872), dan Perang Dunia II, Perancis berhasil mengubah dirinya menjadi negara terkuat di Eropa.

 Sumber gambar : almasdarnews.com
Keterangan : Tentara Perancis siap dikirim ke Suriah untuk membela kelompok teroris

Negara ini juga pernah ikut menggulingkan pemerintahan Presiden Muammar al-Qaddafi dan menghancurkan Libya. Satu hal yang pasti, Perancis yang sekuler kini agak toleran terhadap Umat Islam dan tampaknya, Perancis enggan dikuasai lagi oleh pihak gereja.

6. Inggris

Inggris merupakan kerajaan terlama yang berakar sejak sebelum Perang Salib (1095-1294) terjadi. Negara yang dipimpin oleh Ratu Elisabeth II ini mengikuti jejak Perancis untuk tetap terkuat di benua biru.

 Sumber gambar : telesurtv.net
Keterangan : Tentara Inggris sedang berjalan

Kelihatannya, Inggris tidak mau kalah dengan Perancis sehingga negara mantan penjajah tersebut mengeluarkan dana sebesar US$ 62 miliar pada 2015 yang lalu.

7. Jepang

Selain terkenal di bidang kartun dan anime, diam-diam Jepang menjadi negara terkuat ketiga di Asia. Beda dengan Cina yang terkesan agresif, Jepang terlihat santai menanggapi tetangganya yang gila, Korea Utara dan Cina yang komunis.

Meski masih berstatus sebagai kekaisaran, perdana menteri Jepang sengaja menempatkan pangkalan militer Paman Sam ke negeri Sakura tersebut.

 Sumber gambar : theglobalcalcuttan.com
Keterangan : Tentara Jepang sedang berbaris

Negara Naruto ini sempat membuat kita heboh karena seorang kartunis Jepang menggambarkan Jokowi sebagai pengemis. Terlepas dari pro-kontra yang ada, banyak orang Indonesia menganggap Jepang jauh lebih baik dibanding Cina.

8. Turki

Turki adalah republik yang berdiri di atas puing-puing keruntuhan Kesultanan Utsmaniyah (1299-1922). Turki juga merupakan negara pertama di Asia Barat yang mengakui kedaulatan Israel di Palestina.

Sumber gambar : sputniknews.com
Keterangan : Tentara Turki sedang berlatih sambil membawa bendera

Jika di era Ottoman, Turki harus berperang melawan belasan negara Eropa seperti Yunani, Rusia, Inggris, Perancis, dan Rumania, maka Turki enggan seperti kekaisaran itu.

Turki ingin dihormati dan disegani oleh Eropa tanpa perang seperti yang dilakukan Ottoman. Tapi Turki juga berambisi untuk menjadi negara mayoritas Muslim terkuat dunia seperti yang dialami oleh Ottoman.

Sebagai negara terkuat kedelapan, Turki ingin memiliki pangkalan militer di Arab Saudi sebagaimana AS. Namun Raja Salman al-Saud menolak keinginan Presiden Erdogan.

Meski menjadi negara lintas benua terkuat setelah Rusia, sungguh sayang jika kekuatan Turki tak digunakan untuk membebaskan Palestina. Parahnya, Turki ikut bermain api dalam konflik berdarah di negara yang dipimpin oleh Bashar al-Asad.

9. Jerman

Jika kita membicarakan negara ini, pasti kita ingat Adolf Hitler. Di tangan Hitler, Jerman bisa menduduki Perancis sampai pasukan Jerman diusir oleh pasukan Sekutu.

Ya meski kalah dalam perang itu, Jerman berhasil mempermalukan Perancis yang pernah mengalahkan Jerman pada Perang Dunia I.

 Sumber gambar : spiegel.de
Keterangan : Seorang tentara Jerman bersama sejumlah anak Muslim

Seperti Perancis dan Inggris, Jerman juga pernah terlibat dalam Perang Salib. Malah tentara Jerman ikut menyelamatkan Kota Wina di Austria yang sedang dikepung oleh pasukan Ottoman pimpinan Wazir Agung Kara Mustafa Pasha pada 1683 silam.

Militer Jerman memang lebih kuat dibanding sesama negara Eropa lainnya seperti Italia, Polandia, Spanyol, dan Yunani. Namun Jerman tidak banyak kata padahal menjadi negara terkuat ke-9 di dunia atau ketiga di Eropa.

10. Mesir

Inilah negara yang selalu dikuasai dan dipimpin oleh orang-orang berjiwa militer terlama di dunia. Bayangkan guys, Mesir pernah menjadi pusat kerajaan-kerajaan terkuat kala itu. Dimulai dari era Firaun yang mengaku sebagai tuhan sampai Mesir harus melawan Ingggris, Perancis, dan Israel terkait Terusan Suez.

Meski memiliki pangkalan militer AS, Mesir tidak terlalu mengandalkan kekuatan militer si Paman Sam. Malah Mesir lebih percaya diri menggunakan militernya untuk memerangi negara Zionis berkali-kali.

Sumber gambar : jta.org
Keterangan : Sejumlah tentara Mesir sedang menjaga Kairo pada 5 Juli 2013, dua hari paska penggulingan Presiden Mursi

Salah satu hal yang dibanggakan dari Mesir adalah Mesir memanfaatkan Universitas al-Azhar yang dibangun oleh dinasti Fatimiyah (907-1174) sebagai perguruan tinggi yang mencetak para intelektual Muslim lebih dari 1000 tahun.

Sesungguhnya data ini bisa berubah kapan pun. Misalnya era Presiden Muammar al-Qaddafi, Libya menjadi negara dengan militer dan ekonomi terkuat di benua Afrika bahkan melebihi Afrika Selatan yang dikuasai oleh orang-orang Inggris.

Namun sejak beliau dibunuh dan Libya dihancurkan oleh koalisi NATO, AS, dan kaum Wahabi pada Oktober 2011, Libya baru bisa menduduki peringkat ke-73 dalam skala internasional atau ke- atau ke-8 di benua hitam itu pada tahun 2017.

"Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan oleh Allah kepada kamu kebahagiaan negeri akhirat dan janganlah kamu melupakan bagianmu dari kenikmatan duniawi dan berbuat baiklah sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu dan janganlah kamu berbuat kerusakan  di muka bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan" [QS. An-Naml (27) : 77]

Baca juga :

20 Negara Militer Terkuat di Dunia 2017

Militer Terkuat di Asia

Negara Terkuat dalam Perang

Negara Terkuat di Dunia 2017

Negara terkuat di Asia Tenggara

Personil militer terkuat di dunia

Militer terkuat di Asia 2017

3 Militer terkuat d dunia
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

MY BLOG FOLLOWERS

ARTIKEL TERBARU