5 Persiapan Sebelum Merantau

Penulis: Adi Selamet
Terbit : 15 Juni 2015


Sumber gambar : shutterstock.com
Keterangan : Cewek mau merantau

            Merantau, pilihan sebagian orang yang ingin hidup sukses di negeri orang. Mereka berduyung-duyung pergi ke tempat yang mereka pilih.

Banyak alasan mengapa orang ingin merantau, beberapa di antaranya ingin mencari ilmu dan mendapatkan kehidupan yang layak dengan cara bekerja.

            Merantau bagi sebagian orang adalah sebuah keharusan karena bisa jadi mereka belum beruntung di tempat tinggalnya sendiri namun bisa sukses saat merantau di negeri orang.

Namun merantau bukanlah perkara mudah karena diperlukan persiapan matang agar Anda bisa survive di negeri atau daerah lain. Berikut ini ada 5 persiapan sebelum merantau yang perlu Anda ketahui, di antaranya :

1. Cari Tahu

            Sebelum merantau Anda harus tahu dulu tempat yang akan Anda kunjungi.

Bertanya kepada orang yang Anda kenal yang pernah pergi ke sana atau membaca buku dan cari tahu di internet tentang fakta, biaya hidup, kultur budaya, agama, gaya hidup, bahasa, keadaan tempat yang akan Anda kunjungi agar Anda tidak menyesal di kemudian hari.

2. Persiapkan Diri Anda

         Anda harus mempersiapkan bekal untuk pergi ke sana misalnya biaya hidup, keterampilan (life skill), dan apa saja yang perlu dibawa tapi dengan catatan Anda jangan sampai peralatan yang Anda bawa merepotkan Anda.

3. Bertanyalah

Pepatah mengatakan, "Malu bertanya sesat di jalan". Ya, apa salahnya bertanya kepada orang dan Anda tidak perlu malu dan sungkan. Bertanya kepada orang tapi dengan sopan dan ramah karena orang akan segera kesal saat Anda bertanya yang tidak ada hubungannya dengan tempat yang Anda kunjungi.

4. Berhati-hatilah

Anda harus selalu waspada dan berhati-hati mengingat kecerobohan dan kejahatan akan datang meskipun Anda tidak siap menghadapinya. Simpanlah benda yang Anda bawa pada tempat yang aman dan terkendali.

5. Berdoalah

Ini penting sekali karena sebagai manusia yang berkeyakinan kepada Tuhan Yang Maha Esa akan kuasa-Nya, Anda harus berdoa dalam keadaan apapun dan di mana pun kepada-Nya karena Dia dapat melindungi dan mengabulkan orang yang mau berdoa kepada-Nya dengan tulus, ikhlas dan mengharapkan-Nya.

Baca juga:

👉 5 Keunikan Jakarta
Adi Selamet Seorang pendiam yang suka membaca dan menulis secara diam-diam

2 Komentar untuk "5 Persiapan Sebelum Merantau"

  1. 6. Jangan Gampang Kangen Rumah
    selama meratau, yang harus dihindari adalah perasaan "pengen pulang' yang pasti sering muncul dan sering dirasakan, kalau udah gini, jd males mau kerja, pengennya pulang terus ke daerah asal.. nanti nggak jadi sukses deh

    *pengalaman pribadi

    BalasHapus
Berkomentarlah yang sopan dan sesuai artikel yang Anda baca. Pengelola Gantengue tidak bertanggungjawab atas komentar Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel