5 Profesi Unik Hanya di Indonesia



Sumber gambar : Blueddies.com
 
        Gantengue.blogspot.com | Profesi adalah mata pencaharian manusia untuk memenuhi kebutuhannya seperti pangan (makan dan minum), sandang (pakaian), dan papan (tempat tinggal). Pekerjaan manusia pasti dikaitkan dengan hobi, keterampilan dan pendidikan. Ada juga pekerjaan berdasarkan musim seperti di bulan Ramadhan, orang-orang berjualan makanan dan minuman yang manis juga buah-buahan. Dari semua negara di dunia, ada beberapa pekerjaan yang kita temukan di Indonesia dan Anda tak akan menemukannya di negara-negara lain. Apa saja ? Berikut ulasannya :

1. Ojek payung
Sumber : hipwee.com

Mereka menyewakan payung mereka ke siapa saja yang tidak mau kehujanan. Sebagai imbalannya, mereka mendapat uang sesuai kesepakatan yang sebelumnya, mereka menawarkan harga sewa payung. Kedinginan adalah tantangan dan resiko utama bagi penyewa payung. Saya pertama kali melihat mereka ketika saya di Jogjakarta, Juni 2013 lalu. Anda tak akan menemukan orang yang menawarkan jasa penyewaan payung di musim panas kecuali di musim hujan.

2. Semir sepatu keliling
Sumber : Kulonprogokab.go.id

Kesibukan warga kota menyebabkan mereka kadang malas menyemir sepatu padahal sepatu yang bersih dan mengkilap bisa menaikan citra mereka di hadapan siapa pun termasuk atasan mereka. Oleh karena itu, jasa semir sepatu keliling hadir di antara aktivitas para pegawai. Penyemir sepatu keliling tidak akan datang jika Anda memakai sandal.

3. Penambal ban keliling


 Sumber gambar  : Detik.com

Secanggih apapun kendaraan roda empat Anda, pasti ban Anda bisa bocor atau pecah. Permukaan jalan raya yang tidak mulus bisa mempercepat kerusakan ban Anda atau kecelakaan sering terjadi. Penambal ban keliling dari suatu tempat ke tempat lain untuk membantu Anda jika Anda punya masalah pada ban kendaraan Anda. Kita sering mendapat berita bahwa beberapa penambal ban nakal menabur paku atau pecahan kaca agar ban kendaraan yang lewat di jalan sepi bisa bocor dan pecah. Meski begitu, pastikan kendaraan Anda dalam kondisi sehat alias tidak rusak sehingga perjalanan Anda tidak terganggu.

4. Penukar uang keliling
Sumber : Sinarharapan.co

Uang adalah alat pembayaran dan tukar menukar yang sah di setiap negara. Setiap orang membutuhkan uang untuk membayar atau membeli sesuatu. Tidak hanya bank yang menawarkan penukaran uang tapi juga masyarakat umum. Biasanya, penukaran uang akan terjadi menjelang hari raya karena mereka yang dermawan membagikan uang receh untuk siapapun demi silaturahmi. Waspadalah jika Anda menukarkan uang karena kemungkinan uang palsu dan jika Anda menukar uang di bank, tetap waspada karena kejahatan menyerang siapa saja.

5. Penjahit keliling atau permak levis keliling
Sumber : Infopublok.id

Mereka berkeliling kemanapun untuk membantu Anda jika pakaian Anda robek atau Anda ingin mengubah desain pakaian tapi Anda tidak bisa. Tas dan topi juga bisa diperbaiki oleh mereka. Biasanya, para penghuni kontrakan seperti mahasiswa sebagai pelanggan jasa ini. Saya pertama kali melihat mereka saat saya di Karawang pada Desember 2014 dan Januari 2015 lalu.
"Rezeki itu harus dijemput karena rezeki tidak akan datang pada orang malas" adalah slogan untuk para pekerja keras. Tak apa dihina atau direndahkan oleh orang lain, selama halal, kita jalani pekerjaan kita. Ayam saja semangat mencari makan apalagi kita, manusia.

Penulis : Adi Selamet
Terbit : 8 Oktober 2015

Adi Selamet Seorang pendiam yang suka membaca dan menulis secara diam-diam

8 Komentar untuk "5 Profesi Unik Hanya di Indonesia"

Berkomentarlah yang sopan dan sesuai artikel yang Anda baca. Pengelola Gantengue tidak bertanggungjawab atas komentar Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel