6 Keunikan Peringatan Tahun Baru Islam

Sumber : Indoberita.com



          Gantengue.blogspot.com | Seluruh Muslim sangat bahagia memperingati tahun baru Islam yang jatuh setiap tanggal 1 Muharram.

Apapun masalahnya, Umat Islam berharap kehidupan mereka lebih baik dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Setiap tahun, komunitas Muslim dari berbagai daerah dan negara begitu bangga memperingatinya meski tidak semewah perayaan tahun baru Masehi.

        Tahun Islam atau Kalender Hijriyah merupakan sistem penanggalan berdasarkan perputaran bulan terhadap bumi. Kalender ini dibangun berdasarkan rata-rata siklus sinodik bulan.

Dengan menggunakan sinodik bulan, jumlah hari dalam tahun Hijriyah adalah 354 hari dan 355 hari bila tahun kabisat.

Bagaimana perhitungannya ? Menurut penelitian, 1 bulan dalam kalender Islam ini hanya 29,53059 hari sehingga dalam setahun adalah 354,36708 hari. Lalu, bagaimana 6 keunikan peringatan tahun baru Islam?

1. Peringatan tahun baru Islam yang sederhana dan tidak mewah

        Kebanyakan orang di dunia merayakan tahun baru Masehi dengan bersuka cita tanpa memikirkan masalah harian.

Adapula orang-orang yang menggunakannya sebagai momen kemaksiatan seperti berzina dan mabuk.

Dari tahun ke tahun, Umat Islam memperingatinya dengan kesederhanaan dan hanya Umat Islam yang melakukannya karena Islam melarang keras kemaksiatan dan hedonisme.

Di Cirebon misalnya, Umat Islam memperingatinya dengan mengadakan syukuran, pawai obor, drum band/marching band, pembacaan al Qur'an dan Shalawat, dan perlombaan seperti sepeda santai. Sederhana bukan? Makanya peringatan tahun baru Islam dianggap sepi dan tidak menarik bahkan beberapa Muslim lebih suka merayakan tahun baru Masehi yang begitu seru, asyik, ramai, dan mewah.

2. Untuk beribadah kepada Allah

        Beribadah dalam Islam tidak hanya shalat, mengaji, umrah dan haji, zakat, dan berziarah tapi lebih luas dari apa yang Anda pikirkan.

Kita hidup hanya 1 kali dan waktu hidup harus digunakan untuk bekal akhirat jika Anda beriman kepada Allah dan akhirat. Sungguh sangat rugi bila umur kita dipakai untuk kemaksiatan bahkan tidak mengakui Tuhan Yang Maha Esa.

3. Waktu yang tepat untuk intropeksi dan memperbaiki diri

        Allah Ta'ala berfirman, "Hai orang-orang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu lakukan" [QS. Al Hasyr : 18]
        Kita sering melakukan kesalahan dan sering pula membuat orang-orang tercinta menderita tapi sebaik-baik orang adalah mereka yang mampu memperbaiki diri.

Intropeksilah! Intropeksi membuat kita semakin berpikir sejahat apa kita setahun ini dan berapa banyak kebaikan yang kita lakukan? Jika kita jahat atau berakhlak buruk, mari kita perbaiki dan bertaubat. Dan bila kita telah melakukan kebaikan, mari kita pertahankan dan meningkatkannya.

4. Dikaitkan dengan mistis dan ritual aneh

        1 Muharram dalam Kalender Hijriyah disebut juga 1 Syura dalam Kalender Jawa. Kesultanan Mataram era Sultan Agung Adi Prabu Hanyakrakusuma (memerintah 1613-1648) di Jogjakarta membentuk Kalender Jawa dengan mengadopsi sistem penanggalan Hijriyah seperti nama-nama hari dan bulan juga berbasis lunar sehingga nama-nama hari dan bulan dalam Kalender Jawa sama dengan Kalender Hijriyah sedangkan angka tahunnya tetap meneruskan jumlah tahun Kalender Saka dari India sehingga 1 Syura 1949 Kalender Jawa sama dengan 1 Muharram 1437 Hijriyah.

        Apa kesan Anda tentang malam 1 Syura ? Angker ? Menakutkan ? Memang 1 Syura dianggap menakutkan bahkan puluhan tahun lalu, almarhumah Suzanna berperan sebagai Suketi dalam film "Malam 1 Syuro".

Beberapa daerah di Jawa menyajikan ritual mistis seperti membuang kepala kerbau ke laut, menanam kepala kerbau di bawah jembatan atau gunung atau juga meletakkan sesajen di tempat-tempat yang dianggap angker agar setan-setan itu tidak mengganggu manusia.

Karena kebiasaan mistis ini membuat sebagian orang berpikir bahwa setiap malam 1 Muharram (1 Syuro), semua setan akan muncul dan siap mengganggu manusia. Apakah Anda percaya ?

5. Pembagian kartu ucapan selamat tahun baru Islam

        Sebagai rasa syukur dan menyebarkan kebahagiaan, sebagian Muslim membagikan kartu ucapan selamat tahun baru Islam dengan berbagai harapan dan doa terbaik.

Permusuhan dan dengki bisa hilang hanya karena kita memberi kartu ucapan tahun baru Hijriyah kepada orang yang membenci kita.

Meski hanya membagikan kartu ini, rasa pertemanan dan persaudaraan akan muncul lagi. Kita semua ingin hubungan kita dengan sesama manusia baik-baik saja di tahun baru ini.

6. Segala harapan dan doa terbaik diucapkan

        Orang yang mempunyai harapan berarti dia memiliki semangat hidup. Setiap hari, setiap saat, dan setiap tahun pasti semua orang berdoa agar hidupnya semakin sukses dan bertambah baik.

Saya sendiri sangat berharap agar tahun 1437 Hijriyah ini, saya bisa meneruskan pendidikan saya yang sempat tertunda dan orangtua saya semakin bahagia.

Doa pergantian bulan :

        Dari Abdullah bin Umar radhiyallahu'anhu berkata bahwa apabila Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi wa Sallam melihat hilal, beliau berdoa, "Allah Maha Besar. Ya Allah, perlihatkanlah bulan ini kepada kami dengan keamanan, keimanan, keselamatan, keislaman, dan pertolongan pada apa yang Engkau cintai dan Engkau ridhoi. Tuhan kami dan Tuhan kalian adalah Allah" [HR. al Darimi no. 1729].
Doa akhir tahun Islam (Doa akhir tahun Hijriyah) :

بسم الله الرحمن الريم
 وصل الله عل سيدناومولنامحمدوعل آله وصحبه وسلم
أللهم ما عملت في هذه السنة مما نهيتني عنه فلم اتب منه ولم ترضه ولم تنسه وحلمت عليي بعدقدرتك عل عقوبتي ودعوتني إلت التوبة منه بعدجر ءأتي عل معصيتك فإني أستغفرك فاغفرلي وما عملت فيهامماترضاه ووعدتني عليه الثواب فاسءلك ألله ياكريم ياذاالجلال والاكرام ان تتقبله مني ولاتقط رجاءي منك ياكريم وصل الله عل سيدنا محمدوعل آله وصحبه وسلم

Artinya :

"Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Semoga rahmat Allah tercurah kepada junjungan kami dan pemimpin kami Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi wa Sallam, keluarganya dan para sahabat beliau. Ya Allah, segala amal yang aku lakukan pada tahun ini (yang telah silam) dari hal-hal yang Engkau larang kepadaku, lalu aku tidak bertaubat sedangkan Engkau tidak meridhoinya dan Engkau tidak melupakannya dan menyantuniku sesudah kekuasaan-Mu atas siksa-siksa padaku. Engkau menyeruku bertaubat darinya sesudah aku lakukan durhaka kepada-Mu. Perkenankanlah Engkau mengampuniku dan segala apa yang aku lakukan di dalamya dari hal-hal yang Engkau ridhoi, dan Engkau telah menjanjikan pahala kepadaku, maka aku memohon kepada-Mu. Ya Allah Dzat Yang Mulia, hai Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan, hendaklah Engkau terima dariku. Janganlah Engkau memutuskan harapanku dari rahmat-Mu. Ya Yang Maha Mulia, shalawat dan salam tetapkanlah kepada junjungan kami  Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi wa Sallam, keluarganya dan para sahabat beliau".

        Bacalah Surah al Fatihah dulu lalu membaca doa di atas dan diakhiri dengan membaca Surah al Fatihah saat tanggal 29 atau 30 Dzulhijjah. Jika Anda membaca doa ini, setan akan merasa putus asa untuk mengajakmu ke neraka.

Doa awal tahun Hijriyah (Doa awal tahun Islam) :

بسم الله الرحمن الريم
 وصل الله عل سيدناومولنامحمدوعل آله وصحبه وسلم
أنت الأبي القديم الأول وعل فضلك العيم وجودك المعول وهذاعام جديد قدأبل أسألك العصمت فيه من الشيطان وأوليائه وجنوده والعون عل هذاالنفس الأ مارة بالسوءوالاشتغابما يقربني إليك زلف ياذاالجلال والإكرام ياأرحم االراحمين  وصل الله عل سيدنا سيدناومولنامحمدوعل آله وأصحابه وسلم

Artinya :

"Dengan nama Alla Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Semoga rahmat Allah tercurah kepada junjungan dan pemimpin kami Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi wa Sallam, keluarganya, dan para sahabat beliau. Wahai Allah, Engkau Dzat Yang Kekal, Yang Terdahulu, Yang Paling Awal. Atas anugerah-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang dijadikan pegangan, inilah tahun baru telah datang. Kami memohon kepada-Mu pemeliharaan selama setahun ini dari setan, sahabat-sahabatnya, dan pasukannya. Dan pertolongan-Mu untuk melawan nafsuku ini yang selalu mengajak pada kejahatan serta sibukkanlah (aku) dalam melakukan amal yang dapat mendekatkan aku kepada-Mu sedekat-dekatnya. Wahai Dzat Yang Memiliki Kebesaran dan Kemuliaan, shalawat dan salam tetapkalnlah kepada junjungan kami Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi wa Sallam".

        Pergantian tahun baru Islam terjadi saat matahari terbenam atau hilal telah muncul dan 1 Muharram tiba. Bacalah Surah al Fatihah 1 kali, doa di atas, dan membaca Surah al Fatihah 1 kali lagi agar hidup kita lebih baik dan berkah.

Semoga tahun baru ini membuat kita semakin baik dan taat kepada Allah Ta'ala 😊
Adi Selamet Seorang pendiam yang suka membaca dan menulis secara diam-diam

Belum ada Komentar untuk "6 Keunikan Peringatan Tahun Baru Islam"

Posting Komentar

Berkomentarlah yang sopan dan sesuai artikel yang Anda baca. Pengelola Gantengue tidak bertanggungjawab atas komentar Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel