Hidup Sehat Tanpa Sampah

Sumber Gambar : Theguardian.com

Sampah merupakan hasil samping dari industri-industri atau dari pemakaian kita.

Sampah paling banyak diproduksi di perkotaan karena jumlah penduduk dan industri-industri yang bertebaran seantero kota. Sampah merupakan penyebab dari terjadinya beberapa penyakit.

Kesehatan tubuh kita dapat terganggu hanya karena sampah yang berserakan. Berikut ini ada beberapa tips untuk hidup sehat tanpa sampah.

Di antaranya :

1. Gunakanlah produk secukupnya

            Produk memang dibutuhkan oleh setiap orang namun kita tidak boleh menggunakannya terlalu banyak, selain boros tetapi juga menghasilkan sampah yang banyak, tentu saja ini dapat berpengaruh terhadap kesehatan kita.

2. Buanglah sampah pada tempatnya

            Terkadang kita lupa atau malas membuang sampah pada tempatnya. Hal inilah yang membuat lingkungan kita menjadi kotor, tidak nyaman, dan bau, sehingga banyak penyakit yang menyerang kita.

Oleh karena itu, ayo kita jaga lingkungan dan kesehatan kita dengan membuang sampah pada tempatnya.

3. Mendaur ulang sampah non organik

            Sampah-sampah yang tidak dapat diuraikan seperti plastik, kertas, besi, atau sampah lainnya dapat kita daur ulang menjadi produk baru yang bermanfaat.

Selain menambah penghasilan kita, dapat juga menyebabkan lingkungan menjadi bersih. Tidak hanya itu, menurut beberapa sumber menyebutkan, dengan mendaur ulang kertas bekas, jutaan pohon dapat diselamatkan dari penebangan.

4. Jadikanlah sampah menjadi pupuk organik

            Banyak cara untuk menjadikan lahan subur dan tumbuhan yang cepat tumbuh nan sehat, seperti dengan penggunaan pestisida dan pupuk.

Sampah-sampah yang kita hasilkan seperti sisa makanan, kulit buah-buahan, dedaunan kering dan sampah organik lainnya dapat dibuat pupuk untuk tumbuhan kita.

Hal ini dilakukan agar hidup kita menjadi sehat, lingkungan menjadi bersih dan jauh dari penyakit dan juga tumbuhan yang kita tanam menjadi tumbuh menghijau.

Bila tips-tips di atas dapat kita lakukan, hidup kita menjadi sehat. Semoga bermanfaat.
Adi Selamet Seorang pendiam yang suka membaca dan menulis secara diam-diam

Belum ada Komentar untuk "Hidup Sehat Tanpa Sampah"

Posting Komentar

Berkomentarlah yang sopan dan sesuai artikel yang Anda baca. Pengelola Gantengue tidak bertanggungjawab atas komentar Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel