10 Keunikan Harimau, no. 3 Pasti Kamu Kagum

Penulis: Adi Selamet
Terbit: Selasa, 4 Februari 2020

Sumber gambar: dailymail.co.uk
Keterangan: Harimau menunjukkan taringnya yang tajam dan kuning

Harimau adalah salah satu hewan buas yang memiliki cakar dan taring yang tajam untuk melindungi diri dari musuh dan menyerang mangsa. Harimau adalah pemangsa paling puncak yang bisa memangsa hewan buas lainnya seperti buaya, ular, dan beruang.

Harimau modern hidup di seluruh benua Asia kecuali Timur Tengah yang panas dan gersang. Harimau menyebar dari Siberia di Rusia sampai India, Semenanjung Malaya dan Sumatra.

Mau tahu keunikan harimau? Berikut uniknya harimau.

1. Nama ilmiah

Dalam karya ilmiahnya Systema Naturae (1735), Carl Linnaeus (1707-1778) dari Swedia menyebut harimau dengan nama Felis tigris pada 1758. Sedangkan ilmuwan Inggris, Reginald Innes Pocock (1863-1947) menamai harimau sebagai Panthera tigris.

Sumber gambar: en.wikipedia.org
Keterangan: Carl Linnaeus

Nama tigris merujuk pada nama Sungai Tigris di Irak saat banyak harimau tinggal di sana beberapa abad yang lalu.

2. Kucing terbesar di dunia dan gigitannya terkuat

Sumber gambar: animals.net
Keterangan: Harimau Siberia sedang melihat kamu

Dari semua anggota keluarga kucing (Felidae), harimau memiliki tubuh lebih panjang, besar, dan berat. Panjangnya bisa mencapai 390 cm dan beratnya mencapai 315 kg. Harimau Siberia yang paling besar dibanding semua spesies harimau di dunia.

Selain ukurannya yang besar dan penampilannya yang lebih menakutkan dibanding kemunculan wajah mantan di mimpi, harimau memiliki gigi terkuat di antara seluruh keluarga kucing.

Pada 2011 yang lalu, seekor harimau membunuh singa di Kebun Binatang Ankara, Turki hanya dengan sekali gigit di perut singa setelah harimau menerobos pemisah kedua kandang dirinya dan singa.

3. Mandiri

Dibanding dengan singa dan serigala, harimau termasuk hewan soliter yang berburu sendirian. Kesendirian itu tak pernah membuat harimau merasa kesepian.

Justru selalu sendirian membuat harimau lebih mandiri dan berani. Harimau memiliki insting untuk menyerang lebih dulu daripada diserang oleh hewan lain.

Tapi harimau selalu menghindari manusia kecuali jika harimau merasa terganggu apalagi terancam dibunuh.

Sumber gambar: apnews.com
Keterangan: Keluarga harimau

Harimau hanya berkumpul dengan pasangannya selama musim kawin dan memelihara anak mereka sampai usia dua tahun dan bisa berburu sendiri.

Walaupun terbiasa dengan hidup sendiri, harimau jantan adalah sosok ayah yang mengayomi, bertanggung jawab dan melindungi istri dan anak-anaknya.

Dibanding dengan singa jantan, harimau jantan berburu untuk keluarganya dan dia selalu mempersilahkan istri dan anak-anaknya untuk makan lebih dulu.

4. Ukuran bervariasi

Ukuran harimau berbeda berdasarkan subspesiesnya. Harimau Siberia (Panthera tigris altaica) yang paling besar dan disusul oleh harimau Bengal yang tinggal di Asia Selatan khususnya India. Sedangkan harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) yang paling kecil.

Sumber gambar: lokadata.id
Keterangan: Harimau Sumatera

Jika harimau Siberia (disebut juga harimau Manchuria/Amur) bisa tumbuh sepanjang hampir 4 meter, harimau Sumatera hanya berkisar dua meter.

5. Negara dengan harimau liar terbanyak

Dewasa ini, harimau masuk daftar hewan yang terancam punah IUCN (International Union for Convertion Nature) sejak 1986 dengan jumlah di kisaran empat ribu ekor di seluruh dunia.

India yang punya hutan tropis terlebat menjadi rumah bagi hampir tiga ribu harimau Bengal. Rusia memiliki lebih dari 400 harimau Siberia sedangkan Indonesia punya lebih dari 300 harimau Sumatera.

Kerusakan hutan, perburuan liar, perubahan fungsi hutan, konflik dengan manusia dan jumlah mangsa yang sedikit bagi harimau menjadi alasan si belang terancam punah.

Sumber gambar: Screenshot film Anacondas
Keterangan: Harimau

Harimau sering diburu karena beberapa suku pedalaman menyukai dagingnya, taring dan tulangnya sebagai jimat. Kulitnya menjadi mantel kebanggaan kaum elit dan bangsawan.

Penis harimau juga dipercaya untuk memperkuat ereksi kaum pria di Cina sebelum perburuan harimau dilarang oleh pemerintah Cina.

Keterangan: Lukisan harimau di film Jan Dara

Pada 29 Juli 2010, Rusia menjadi rumah terselenggaranya International Tiger Summit pertama yang dihadiri 13 negara yang memiliki harimau liar terbanyak termasuk Indonesia dan India. Oleh karena itu, 29 Juli dianggap sebagai Hari Harimau untuk melindungi satwa buas ini dari kepunahan.

6. Belang-belang

Harimau terkenal dengan bulunya yang belang-belang berwarna hitam dan jingga. Ada juga harimau putih yang warna belangnya hitam dan tidak ada warna jingga.

Mata harimau putih berwarna biru karena gen mutan dan harimau putih tak punya warna jingga karena pengaruh pheomelanin.

Sumber gambar: businessinsider.com
Keterangan: Dua harimau putih

Warna belang harimau untuk kamuflase saat berburu atau melindungi diri dari musuh.

Layaknya manusia, belang-belang pada harimau berfungsi sebagai sidik jari dan tiap harimau tidak akan punya sidik jari yang sama.

7. Pemberani

Harimau adalah salah satu karnivora paling buas dan harimau yang sering hidup soliter memiliki keberanian melebihi singa.

Misalnya, beberapa singa belum tentu bisa membunuh seekor buaya walau di darat. Tapi seekor harimau mampu menyerang dan membunuh buaya di sungai.

Sumber gambar: pinterest.com
Keterangan: Harimau menggigit buaya

Harimau memandang buaya sebagai mangsa yang harus dikalahkan dan disantap. Namun buaya harus menghindari harimau jika tidak mau dibunuh.

Untuk mendapatkan mangsa, harimau bisa berenang di sungai sampai sejauh 29 km dan lebarnya 7 km. Kemahiran berenangnya tidak bisa dicapai oleh singa yang dianggap sebagai raja hutan.

8. Perkawinan silang

Harimau bisa dikawinkan dengan singa jika mereka akur dan tidak saling melukai. Singa jantan bisa mengawini harimau betina dan anak mereka disebut Liger yang berukuran lebih besar.

Sumber gambar: boredpanda.com
Keterangan: Cewek cantik bersama Liger, bukan kamu

Liger lebih besar daripada orangtuanya karena harimau betina tidak punya gen penghambat pertumbuhan.

Sumber gambar: bigcatrescue.com
Keterangan: Tigon

Sedangkan Tigon berukuran tidak jauh berbeda dengan orangtuanya karena singa betina meneruskan gen penghambat pertumbuhan dan harimau jantan tidak punya gen pemacu pertumbuhan untuk anaknya.

9. Lambang kebanggaan negara-negara Asia

Harimau adalah salah satu hewan asli benua Asia. Ada beberapa negara yang memilih harimau sebagai hewan nasional. Mereka yaitu India, Malaysia, Korea Selatan, dan Bangladesh.

Harimau juga menjadi lambang bendera bagi negara Malaysia, Kerajaan Chola dan Kesultanan Mysore (1399-1948) di India.

Sumber gambar: en.wikipedia.org
Keterangan: Dua harimau menjadi lambang Malaysia

Bagi budaya Cina, harimau termasuk salah satu dari sembilan dewa yang disembah saat Festival Tahun Baru. Mereka juga menganggap harimau sebagai pengusir roh jahat. Bersama kura-kura, naga, dan phoenix, harimau dianggap sebagai hewan super cerdas menurut orang Cina.

Negara-negara Asia seperti Korea Selatan, Hong Kong, Singapura, dan Taiwan yang maju sering dijuluki sebagai Empat Harimau Asia sedangkan Indonesia dijuluki Harimau yang Tertidur.

10. Julukan untuk para pemberani

Tidak cuma negara, harimau juga julukan untuk orang-orang yang berani dan cerdas. Misalnya Sultan Fateh Ali Tippu (memerintah 1782-1799) yang berani memerangi Inggris, dijuluki sebagai harimau dari Mysore.

Sultan terbunuh pada 4 Maret 1799 saat melindungi ibukotanya, Srirangapattana yang diserang pasukan Inggris.

Sumber gambar: en.wikipedia.org
Keterangan: Sultan Tippu

Dikutip dari Wikiquote.org, Sultan pernah berkata, "Jauh lebih baik hidup seperti harimau selama sehari daripada hidup sebagai serigala seratus tahun".

Bagi masyarakat Cina, prajurit yang berani juga disebut sebagai harimau sedangkan naga, simbol untuk kaisar Cina.

Kamu tahu? Harimau apa yang paling aku suka? Yaitu hari-hari saat aku mau cuma sama kamu 🀣🀣🀣

Baca juga:

πŸ‘‰ Ular Raksasa Aceh Bisa Ditangkap

πŸ‘‰ Raja Piton Mati Terbakar

πŸ‘‰ Anak Gajah Ditelan Ular Raksasa

πŸ‘‰ 20 Uniknya Bambu yang Harus Kamu Tahu

πŸ‘‰ 10 Spesies Ular Raksasa di Dunia Lawan Harimau, Menang Siapa?
Adi Selamet Seorang pendiam yang suka membaca dan menulis secara diam-diam

8 Komentar untuk "10 Keunikan Harimau, no. 3 Pasti Kamu Kagum"

  1. Makasih infonya kak. Pembahasan yg menarik..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya 😁 thanks juga buat kunjungan dan komentar kamu πŸ˜‰

      Hapus
  2. makasih artikelnya, jadi tahu deh sekarang

    BalasHapus
  3. Karena keunikan ini pantas saja harimau banyak dijadikan logo berbagai negara,keren sekali..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi sayang harimau terancam punah gan😣

      Hapus
  4. Wah, luar biasa ya ka, sebuah fakta yang sangat mengejutkan !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sebuah fakta yang sangat mengejutkan tentang keunikan harimau

      Hapus
Berkomentarlah yang sopan dan sesuai artikel yang Anda baca. Pengelola Gantengue tidak bertanggungjawab atas komentar Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel