Peringatan Tahun Baru Islam 1437 Hijriyah Sukses Dilaksanakan di Ciwaringin, Cirebon

Sumber gambar : Indoberita.com


        Gantengue.blogspot.com | Seluruh Muslim sangat bahagia memperingati tahun baru Islam yang jatuh setiap tanggal 1 Muharram.

Apapun masalahnya, Umat Islam berharap kehidupan mereka lebih baik dibanding tahun-tahun sebelumnya. Di Desa dan Kecamatan Ciwaringin, Kab. Cirebon, Umat Islam antusias memperingati tahun baru 1437 Hiriyah.

Acara ini berlangsung dari Minggu, 11 Oktober sampai 13 Oktober 2015 dengan mengundang Ustadz H. Fikri Zainuddin MZ rahimallah'alaihi sebagai penceramah dan penasehat baik.

Berikut jadwal penting Peringatan Tahun Baru Islam 1437 Hijriyah di Ciwaringin, Cirebon yang berhasil saya liput :

·         Minggu, 11 Oktober 2015 :

a.   Festival/lomba marawis

b.   Sepeda santai

c.   Khitanan massal
·         Senin, 12 Oktober 2015 :

d.   Pembuatan/perpanjangan SIM/STNK

e.   Pertandingan sepak bola

f.    Pentas seni dan budaya Islami

g.   Tabligh akbar Ustadz H. Fikri Zainuddin MZ rahimallah'alaihi

·         Selasa, 13 Oktober 2015 :

h.   Pawai ta'aruf

i.     Karnaval : pasukan berkuda, marching band/drum band, dan pawai obor drum band

j.    Pentas seni Islami dan gema shalawat

k.   Istighotsah bersama KH. Makhtum Hanan rahimallah'alaihi dari Pondok Pesantren di desa Babakan, Ciwaringin Cirebon

l.     Pesta kembang api dan pemutaran film perjuangan Islam

        Kegiatan ini diselenggarakan di Lapangan Bola dekat 3 sekolah yaitu SDN I Ciwaringin, SDN III Ciwaringin, dan SMP PGRI Ciwaringin.

Beberapa sponsor pun ikut mendukung kesuksesan momen ini seperti TDR (Telkomsel Distribution Center), Freshcare dan Sakatonik, Djarum Super, PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk dengan program "Pemberdayaan Masyarakat Bidang CSR Lingkungan", dan Dealer Motor Honda "Sejahtera Mulia Mandiri" di Ciwaringin-Cirebon.

        Beberapa Kyai dan para santri dari berbagai daerah pun hadir. Misalnya,  KH. Makhtum Hanan rahimallah'alaihi dari Pondok Pesantren di desa Babakan, Ciwaringin Cirebon.

Bahkan, grup marawis dari Pondok Pesantren Darus Salam Indramayu pun menang sebagai juara favorit disusul oleh 2 Pondok Pesantren asal desa Babakan, Ciwaringin Cirebon yaitu Pondok Pesantren a Ma'rifat dan Raudlatul Jannah.

Lomba marawis juga dimenangkan oleh Pondok Pesantren al Fattah dari Palimanan-Cirebon sebagai juara ke-3 dengan nilai 448, juara ke-2 diraih oleh Pondok Pesantren Darus Salam dari Ciwaringin-Cirebon dengan nilai 454, dan nilai 456 membuat MTS Ciwaringin-Cirebon menang sebagai juara pertama.

Pengumuman pemenang lomba marawis ini pada Selasa, 13 Oktober 2015 beberapa menit sebelum acara selesai yang ditutup dengan doa bersama.

        Masyarakat Ciwaringin termasuk para Kyai dan Santri juga perwakilan dari beberapa pondok persantren dari daerah lain juga antusias memperingati pergantian tahun Hijriyah.

Tanpa dijaga oleh polisi, momen terindah pada awal tahun 1437 Hijriyah berlangsung damai bahkan setiap tahun, warga Ciwaringin di Kabupaten Cirebon ini memperingatinya tanpa kendala apapun.

        Dari Abdullah bin Umar radhiyallahu'anhu berkata bahwa apabila Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi wa Sallam melihat hilal, beliau berdoa, "Allah Maha Besar. Ya Allah, perlihatkanlah bulan ini kepada kami dengan keamanan, keimanan, keselamatan, keislaman, dan pertolongan pada apa yang Engkau cintai dan Engkau ridhoi. Tuhan kami dan Tuhan kalian adalah Allah" [HR. al Darimi no. 1729].

Komentar pengelola blog Gantengue.blogspot.com :

        Sayangnya, saya tidak dapat mengabadikan momen baik ini dalam bentuk foto atau video karena saya tidak sempat membawa HP atau kamera saya. Namun saya berharap agar kehidupan kita lebih baik dan semakin meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah Ta'ala.
Adi Selamet Seorang pendiam yang suka membaca dan menulis secara diam-diam

5 Komentar untuk "Peringatan Tahun Baru Islam 1437 Hijriyah Sukses Dilaksanakan di Ciwaringin, Cirebon"

  1. Bagus gan dan bakalan seru acaranya gan

    BalasHapus
  2. suasana islaminya kental ya menyambut tahun baru, semoga di tahun baru islam ini lebih baik dari tahun kemarin yah .

    BalasHapus
  3. mantap gan di saya cuma ada pawai oncor

    BalasHapus
Berkomentarlah yang sopan dan sesuai artikel yang Anda baca. Pengelola Gantengue tidak bertanggungjawab atas komentar Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel