Mari Hidup Sehat dengan Berolahraga

Sumber : Viva.co.id


          Gantengue.blogspot.com | Sehat itu mahal dan sangat berharga tapi banyak orang yang tidak tahu bagaimana pola hidup sehat. Tidak sedikit pula yang tahu tapi tidak hidup sehat. Bagaimanakah pola hidup sehat ???
          Setiap hari kita disibukkan dengan melakukan berbagai kegiatan membuat sebagian dari kita tidak sempat berolahraga. Namun, jika punya waktu luang, kita harus memanfaatkannya untuk berolahraga dan dapat disesuaikan dengan hobi. Misal : berenang, bersepeda, jalan sehat, lari pagi, dan sebagainya. Berikut beberapa jenis olahraga yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang.
1. Jogging
          Jogging merupakan salah satu jenis olahraga yang murah dan mudah. Melakukan jogging secara teratur dapat memberikan manfaat bagus untuk kondisi fisik dan kesehatan lainnya. Jogging memberikan banyak keuntungan bagi kesehatan secara keseluruhan. Beberapa manfaat dari jogging sebagai berikut.
·        Membuat jantung kuat
·        Memperlancar peredaran darah, pernapasan, dan sistem pencernaan
·        Membantu untuk menyingkirkan masalah pencernaan
·        Membuang depresi
·        Meningkatkan kapasitas untuk bekerja dan mengarahkan pada kehidupan yang aktif
·        Membantu untuk membakar lemak dan mengatasi kegemukan
·        Meningkatkan selera makan
·        Mengencangkan otot kaki, paha, dan punggung
·        Tidur lebih nyenyak
2. Bersepeda
          Jika Anda senang bersepeda, salah satu hal yang harus diperhatikan adalah bagaimana cara bersepeda dengan aman di jalan raya. Usahakan tetap berada di jalur kiri tapi jangan terlalu ke pinggir sebab biasanya pecahan kaca, dan benda-benda tajam seperti paku penyebab ban bocor berada di sekitar pinggir jalan. Gunakan isyarat tangan sebelum berbelok dan pastikan untuk memasang sejumlah reflektor jika bersepeda dalam kondisi gelap. Bersepeda paling baik saat pagi karena udara masih begitu segar dan tidak panas, juga saat sore hari karena bisa melepas kebosanan pasca melakukan aktivitas lainnya seperti bekerja.
          Olahraga sangat diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan dan stamina tapi masih banyak orang yang mengabaikannya. Olahraga itu baik bagi tubuh tapi jika dilakukan secara berlebihan maka justru akan berdampak negatif bagi kesehatan kita. Istirahat yang cukup untuk memulihkan kondisi tubuh setelah beraktivitas. Tidur cukup pada malam hari sekitar 8 jam agar tubuh tetap segar dan bugar. Ada beberapa manfaat istirahat seperti melepas lelah, menambah kesegaran dan kebugaran, memperpanjang umur sel-sel tubuh, dan memberi kesempatan pada tubuh untuk membentuk kekuatan baru. Olahraga, istrirahat yang cukup, dan memakan makanan bergizi adalah 3 tips sehat dari saya untuk Anda. So, mari hidup sehat. Kalau bukan sekarang, kapan lagi ?
Adi Selamet Seorang pendiam yang suka membaca dan menulis secara diam-diam

Belum ada Komentar untuk "Mari Hidup Sehat dengan Berolahraga"

Posting Komentar

Berkomentarlah yang sopan dan sesuai artikel yang Anda baca. Pengelola Gantengue tidak bertanggungjawab atas komentar Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel